Makna Warna Sabuk Persinas ASAD

Tingkat I / Sabuk Putih / Siswa I

Warna putih pada sabuk mempunyai makna lembaran putih dan bersih dengan tulus ikhlas, ridho dan suci. Bagi seorang calon pesilat untuk diberikan pengetahuan, ketrampilan dan sikap dasar tentang ilmu beladiri.

Tingkat II / Sabuk Hijau / Siswa II

Warna hijau pada sabuk memberi makna kedamaian hati setalah diberikan pelajaran dasar tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga memberi keteduhan hati dan bangga dengan ilmu yang dimilikinya.

Tingkat III / Sabuk Hijau Strip Kuning / Asisten Muda

Warna hijau yang memberikan kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan serta dipersiapkan untuk menjadi pesilat yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur yang dilambangkan strip kuning pada sabuk.

Tingkat IV / Sabuk Kuning / Asisten Madya

Warna kuning melambangkan keluhuran budi pekerti (akhlaqul karimah) dan keagungan jiwa serta berkualitas, sehingga pesilat makin banyak ilmunya makin berbudi pekerti yang luhur.

Tingkat V / Sabuk Kuning Strip Biru / Asisten Utama

Dengan budi pekerti yang luhur dan keagungan jiwa disertai cita-cita yang luhur, semangat belajar dan tabah dalam menghadapi tantangan yang dilambangkan dengan strip biru pada sabuk.

Tingkat VI / Sabuk Biru / Pelatih Muda

Warna biru melambangkan semangat belajar yang tinggi, dengan percaya diri serta dapat menjaga martabat dan mampu menguasai serta mengendalikan diri walaupun banyak tantangan, rintangan dan halangan.

Tingkat VII / Sabuk Biru Strip Coklat / Pelatih Madya

Dengan semangat dan cita-cita yang tinggi menjadikan percaya diri, selalu menegakkan kebenaran, kejujuran dan menghormati sesama insan.

Tingkat VIII / Sabuk Coklat / Pelatih Utama

Warna coklat tua melambangkan sikap damai, bersahabat, selalu rendah hati dan senantiasa menegakkan kebenaran, kejujuran dan keadilan.

Tingkat IX / Sabuk Coklat Bintang Merah 1 / Guru Muda

Bersikap damai dan bersahabat, ramah dan sopan, senantiasa menegakkan kebenaran.

Tingkat X / Sabuk Coklat Bintang Merah 2 / Guru Madya

Senantiasa mengupayakan perdamaian dan persahabatan dengan sesame. Keramahan dan kesopanan ditingkatkan, dengan keberanian yang tinggi membela kebenaran.

Tingkat XI / Sabuk Merah / Guru Utama

Merah melambangkan keberanian dalam membela kebenaran, berjiwa besar, mawas diri, pemaaf dan mengutamakan kepentingan umum dan dapat menjadi panutan.

Tingkat XII / Sabuk Merah Garis Tepi Emas / Guru Besar

Berjiwa besar sebagai pendekar, bisa meramut dan membina serta sebagai pengayom.

Monday, June 19, 2006

Persinas ASAD Bontang Koleksi Prestasi

BONTANG- Delapan bocah remaja putra yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah tampil menghibur para undangan pencanangan bulan bakti gotong royong yang dipusatkan pada areal pembangunan masjid Baitul Mustofa yang terletak di RT 26 Telihan, Minggu (11/6) siang kemarin.

Sdr Bambang yang tampil sebagai master ceremony (MC) menyebutkan berbagai prestasi yang berhasil dikoleksi Persatuan Silat Nasional (Persinas) Ampuh Sehat Aman Damai (ASAD) Bontang.

Di antaranya, Bulan Februari 2003 mewakili Kaltim ke Popwil Surabaya meraih Juara II. Bulan Juli tahun 2003 mewakili Kaltim ke Popnas Padang dengan meraih Juara V nasional secara beregu. Popwil 2005 di Samarinda meraih Juara I. Popnas di Medan mewakili Kaltim tahun 2005 juara V nasional. “Tahun ini Persinas ASAD Bontang akan mengikuti Popda di Berau sekitar September nanti. Kami mohon doa restu semoga Persinas ASAD Bontang mampu mempersembahkan prestasi terbaiknya,” kata Bambang dalam komentarnya selama penampilan Persinas ASAD yang disaksikan Wawali Drs H Syahid Daroini, Ketua DPRD H Umar Tanatta dan ratusan undangan lainnya.

Sementara itu, Persinas ASAD Bontang saat ini dipimpin Ir Pradita. Persinas ASAD membuka cabang di Bontang tahun 2001 lalu. Sekretariat, di Jln A Yani, namun tempat pelatihan selain di sekreatriat juga menyebar di beberapa lokasi seperti Warosatul Ambya’ Berbas, BTN Pupuk Kaltim, PT Badak. Jadwal latihan, malam Rabu, Jumat dan Minggu.

Erwin dan Irfan pelatih Persinas ASAD mengaku banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan mengikuti seni bela diri ini. “Awalnya memang kedodoran dari segi fisik, tapi setelah latihan berjalan, badan jadi lebih sehat, menguasai seni bela diri dan terpenting melatih disiplin,” terang Erwin yang mempersilahkan putra-putri Bontang hingga dewasa yang berminat mengikuti Persinas ASAD silahkan mendaftar dan langsung mengikuti latihan sesuai jadwal. (hms2)

8 comments:

pAint Art said...

salam . , , ,
aing orang SHTerate
kenalkan dong gerakannya

corat-coret wae... said...

asslkum...,mohon beri tahu alamatnya persinas asad yg jlas cab.bntang...

indraf2 said...

dmna yg tulisan follow nya...
saya mO ikut

sekar said...

Blog jarang di update kah?

sekar said...

salam... sodara seimanq...

u Can Call me Indra said...

wa'alaikum salam . . .

forum tanya kita said...

seharuse blog ky gini dimeriahkan dengan informasi baru tentg persinas jangan dbkin merana gini, aku tunggu kabar tentang persinas

forum tanya kita said...
This comment has been removed by the author.